ETA MOBILE
APPLICATION : Jasa Pemesanan Kamar Berbasis Mobile Application Dengan Mitra Rumah
atau Kamar Masyarakat
Kondisi Umum Lingkungan
Kebutuhan akan penginapan terutama di daerah sekitar lokasi wisata
menjadi hal yang sangat diperlukan untuk wisatawan. Hal ini merupakan masalah
yang sangat serius apabila hari libur tiba. Ketersediaan penginapan yang
terbatas dengan wisatawan yang banyak membuat wisatawan kebingungan untuk
menginap selama berlibur.
Dari jasa yang kami tawarkan ini memungkinkan untuk masyarakat yang
memiliki kamar atau rumah kosong layak huni untuk disewakan kepada wisatawan
maupun orang yang sedang mencari penginapan terutama untuk masyarakat sekitar
tempat wisata. Sehingga wisatawan / pencari penginapan mendapatkan penginapan yang
nyaman dan pemilik dari penginapan tersebut diuntungkan.
Gambaran Potensi Sumberdaya dan Peluang Pasar
Tabel peluang pasar
Bln
|
Permintaaan
|
Penawaran
|
Peluang Pasar
|
Target Transaksi Dilakukan
|
Pangsa Pasar
|
1
|
8641
|
8410
|
231
|
80
|
0.92
%
|
2
|
12233
|
8423
|
3810
|
360
|
2.94
%
|
3
|
26506
|
12050
|
14456
|
1210
|
4.57
%
|
4
|
26143
|
12517
|
13626
|
1226
|
4.67
%
|
5
|
24685
|
12053
|
12632
|
1290
|
5.22
%
|
6
|
11096
|
8500
|
2596
|
1000
|
9
%
|
Ket :
Kami mengambil sampel dari wisatawan yang
berlibur pada kepulauan seribu sebanyak 6 bulan permintaan yang terjadi.
Kemudian kami bandingkan dengan perkiraan jumlah kamar hotel yang ada di
kepulauan seribu dan penginapan homestay lainnya. Target transaksi kami
dapatkan akumulasi jumlah mitra awal homestay sebanyak 20 rumah dan
pertumbuhannya dikalikan dengan 4% dan kami kalikan dengan 4 kali transaksi dan
dikalikan dengan pertumbuhan transaksi permitra homestay 4-5%.
Harga Jual
Dalam menentukan harga jual standar kamar
permalam kepada pelanggan kami menggunakan cost plus pricing menentukan
harga sebagai berikut :
No
|
Uraian
|
Harga
|
1.
|
Biaya Administrasi
|
Rp.
10.000
|
2.
|
Biaya Mitra
|
Rp. 112.000
|
3.
|
Profit
|
Rp.
18.000
|
Harga Jual
|
Rp. 140.000 perkamar permalam
|
Saluran Distribusi Jasa
Saluran Distribusi kami menggunakan pola
produsen ke konsumen. Hal ini dikarenakan produk jasa yang kami tawarkan
langsung dapat di akses oleh konsumen.
Strategi Pemasaran Produk
Dalam memasarkan produk jasa yang kami
berikan kepada pelanggan, kami menggunakan cara promosi penjualan kepada mitra
homestay dengan memberikan brosur dan wawancara. Kemudian kami juga menggunakan
cara iklan, yaitu kami mengiklankan di aplikasi yang kami buat dan di
media-media sosial agar dilihat dan diminati pelanggan dan dapat menarik
mitra-mitra baru. Cara tersebut kami gunakan karena efektif dan efisien yang
mana pemilik mitra usaha yang baru kenal dan bermitra dengan kami biasanya
membutuhkan pendekatan dan kepercayaan, bagi hasil dan sebagainya maka di
perlukan promosi langsung. Menggunakan iklan
di media sosial yang mana cara ini sangat ampuh karena banyak sekali pengguna
media sosial di Indonesia, terutama aplikasi ini mudah untuk di download
melalui internet.
0 comments:
Post a Comment