My Instagram

WHAT'S NEW?
Loading...

Strategi Pemasaran Usaha

ETA MOBILE APPLICATION : Jasa Pemesanan Kamar Berbasis Mobile Application Dengan Mitra Rumah atau Kamar Masyarakat

Kondisi Umum Lingkungan

Kebutuhan akan penginapan terutama di daerah sekitar lokasi wisata menjadi hal yang sangat diperlukan untuk wisatawan. Hal ini merupakan masalah yang sangat serius apabila hari libur tiba. Ketersediaan penginapan yang terbatas dengan wisatawan yang banyak membuat wisatawan kebingungan untuk menginap selama berlibur.
Dari jasa yang kami tawarkan ini memungkinkan untuk masyarakat yang memiliki kamar atau rumah kosong layak huni untuk disewakan kepada wisatawan maupun orang yang sedang mencari penginapan terutama untuk masyarakat sekitar tempat wisata. Sehingga wisatawan / pencari penginapan mendapatkan penginapan yang nyaman dan pemilik dari penginapan tersebut diuntungkan.

Gambaran Potensi Sumberdaya dan Peluang Pasar

Tabel peluang pasar
Bln
Permintaaan
Penawaran
Peluang Pasar
Target Transaksi Dilakukan
Pangsa Pasar
1
8641
8410
231
80
0.92 %
2
12233
8423
3810
360
2.94 %
3
26506
12050
14456
1210
4.57 %
4
26143
12517
13626
1226
4.67 %
5
24685
12053
12632
1290
5.22 %
6
11096
8500
2596
1000
9 %

Ket :
Kami mengambil sampel dari wisatawan yang berlibur pada kepulauan seribu sebanyak 6 bulan permintaan yang terjadi. Kemudian kami bandingkan dengan perkiraan jumlah kamar hotel yang ada di kepulauan seribu dan penginapan homestay lainnya. Target transaksi kami dapatkan akumulasi jumlah mitra awal homestay sebanyak 20 rumah dan pertumbuhannya dikalikan dengan 4% dan kami kalikan dengan 4 kali transaksi dan dikalikan dengan pertumbuhan transaksi permitra homestay 4-5%.


Harga Jual

Dalam menentukan harga jual standar kamar permalam kepada pelanggan kami menggunakan cost plus pricing menentukan harga sebagai berikut :

No
Uraian
Harga
1.
Biaya Administrasi
Rp.  10.000
2.
Biaya Mitra
Rp. 112.000
3.
Profit
Rp.   18.000

Harga Jual
Rp. 140.000 perkamar permalam

Saluran Distribusi Jasa

Saluran Distribusi kami menggunakan pola produsen ke konsumen. Hal ini dikarenakan produk jasa yang kami tawarkan langsung dapat di akses oleh konsumen.

Strategi Pemasaran Produk


Dalam memasarkan produk jasa yang kami berikan kepada pelanggan, kami menggunakan cara promosi penjualan kepada mitra homestay dengan memberikan brosur dan wawancara. Kemudian kami juga menggunakan cara iklan, yaitu kami mengiklankan di aplikasi yang kami buat dan di media-media sosial agar dilihat dan diminati pelanggan dan dapat menarik mitra-mitra baru. Cara tersebut kami gunakan karena efektif dan efisien yang mana pemilik mitra usaha yang baru kenal dan bermitra dengan kami biasanya membutuhkan pendekatan dan kepercayaan, bagi hasil dan sebagainya maka di perlukan promosi langsung.  Menggunakan iklan di media sosial yang mana cara ini sangat ampuh karena banyak sekali pengguna media sosial di Indonesia, terutama aplikasi ini mudah untuk di download melalui internet.

0 comments:

Post a Comment